Resep Colenak si Tape Bakar di Cocol Enak

Resep Colenak si Tape Bakar di Cocol Enak - Panganan ringan yang cukup populer dan menjadi salah satu legenda kuliner bandung, Colenak merupakan makanan yang dibuat dari tape singkong atau nama khas Sundanya peuyeum yang dibakar, dengan toping yang menjadi ciri khasnya yaitu gula jawa cair yang di campur dengan serutan kelapa, cara memakannya cukup mudah dengan mencocol colenak ke campuran gula jawa.

Resep Colenak si Tape Bakar di Cocol Enak

Sangking populernya jajanan colenak dibuatkan lagu dalam kawih degung Sunda "Colenak beuleum peuyeum digulaan". Jajanan yang cukup murah ini asli kuliner Bandung yang mempopulerkannya Aki Murdi pada tahun dekade, penamaan kuliner khas Bandung ini pun dari lakuran bahasa Sunda yang berarti dicocol enak, Colenak. Proses pembuatannya pun cukup mudah hanya dibakar namun jangan terlalu lama karena gula didalam tapai akan membuat cepat gosong, tapi katanya yang gosong ini malah lebih enak.

Salah satu tempat yang hingga kini masih menyediakan yaitu Colenak Murdi Putra yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Bandung, yang merupakan generasi ke 3 dari sang pencipta panganan ini yaitu Aki Murdi, namun kini sudah tersedia aneka variasi dari colenak antara lain rasa durian & rasa nangka.
Resep Colenak si Tape Bakar di Cocol Enak
Resep Colenak si Tape Bakar di Cocol Enak. pic:id.wikipedia.org

Colenak juga biasa dijajakan keliling di perumahan atau mangkal di sudut kota, karena peminat jajanan ini cukup banyak karena rasanya yang cukup enak dan harga tidak mahal perporsinya, bagi mereka yang tidak terlalu menyukai rasa manis biasanya dijual juga uli bakar sebagai pelengkap. Bagi sobat yang ingin membuatnya sendiri coba deh resep colenak si tape bakar berikut ini!

Bahan colenak:
  • siapkan 500 gram tape singkong Bandung (bisa juga tape singkong biasa namun nantinya akan manis sekali)
  • siapkan 4 sendok makan margarin
Bahan untuk toping atau cocolan

  • siapkan 250 gram gula merah diiris-iris hingga halus
  • siapkan 4 lembar daun pandan
  • siapkan 350 ml air santan kental
  • siapkan ½ buah daging kelapa
  • siapkan ½ sendok makan garam halus

Cara Mengolah Colenak si Tape Bakar di Cocol Enak Khas Bandung:

  • Panggang tape singkong Bandung diatas wajan teflon hingga berwarna kecoklatan, atau sedikit agak gosong agar ada rasa karamel dari gula di dalam singkong yang keluar lalu angkat & lakukan berulang hingga tape singkong Bandung habis
  • Kemudian cara membuat toping cocolannya, masukan masak santan kelapa beserta irisan gula merah yang diiris tipis, masukan daun pandan, lalu aduk agar gula bercampur, masak hingga matang, jangan lupa masukan garam kedalam panci.
  • Setelah mendidih, lalu parutan kelapa dimasukan ke dalam panci, aduk hingga saus untuk toping agak mengental, angkat sous.
  • taruh saus didalam mangkuk atau dapat juga disiramkan ke atas Colenak yang telah dibakar, siap dihidangkan.

Colenak si tape bakar enak dinikmati saat pagi dan sore hari, disaat santai atau juga bisa dihidangkan disaat ada acara keluarga. Sekian Resep Colenak si Tape Bakar di Cocol Enak, mudah bukan! selamat menikmati.

Baca Juga