Cara, Syarat dan Tahapan Membuka Rekening Tabungan BCA

Kelebihan Rekening Tabungan BCA - Kini hampir sebagian orang memiliki rekening tabungan di Bank, dengan manfaat dan kemudahaan pengambilan dan penyetoran tabungan yang diberikan oleh bank BCA, serta penggunaan rekening tabungan yang sudah tidak hanya untuk menabung dan menyetor uang saja, kini tabungan BCA pun sudah dapat digunakan untuk membeli tiket, membayar listrik PLN, membayar tagihan air PAM, membeli pulsa serta sebagai pengganti uang tunai dalam berbelanja dan masih banyak lagi.

Cara, Syarat dan Tahapan Membuka Rekening Tabungan BCA

Dengan biaya administrasi BCA yang masih terjangkau tentunya dengan kemudahan yang didapat masih sangat wajar jika dikenakan biaya administrasi bulanan oleh bank BCA, agar tidak terkena denda dari tabungan BCA nasabah diwajibkan untuk memiliki saldo diatas batas minimum yang telah ditetapkan, sebelum kita berbicara mengenai cara, syarat dan tahapan membuka rekening tabungan di Bank BCA, kita harus sedikit mengenal produk tabungan yang diunggulkan Bank BCA yaitu:
  • Rekening Tahapan, yaitu tabungan hari depan (Tahapan) merupakan jenis tabungan yang memberikan kenyamanan pada nasabah serta kejutan hadiah. Kelebihan Rekening Tahapan cara menyenangkan untuk menabung dan dapat hadiah, dengan setoran awal minimum Rp.500.000.
  • Rekening Tahapan Xpresi, Tabungan untuk anak muda yang kreatif, xpresif, dinamis dan semakin eksis. Kelebihan Rekening Tahapan Xpresi desain kartu menarik, praktis tanpa buku, dengan setoran awal + kartu minimum Rp.50.000
  • Tapres, Tabungan Prestasi (Tapres) adalah Tabungan yang memberikan bunga kompetitif. Kelebihan Tapres, Tabungan Prestasi (Tapres) Bunga yang kompetitif dan laporan bulanan dikirim ke alamat anda, dengan setoran awal minimum Rp. 5 Juta. 
  • BCA Dollar adalah tabungan dalam mata uang asing (USD & SGD) yang memberikan berbagai keuntungan. Kelebihan BCA Dollar menabung sambil berinvestasi, dengan Setoran awal minimum: USD 100 atau SGD 200.
    Cara, Syarat dan Tahapan Membuka Rekening Tabungan BCA
    Cara, Syarat dan Tahapan Membuka Rekening Tabungan BCA

Cara dan Syarat Mengisi Formulir Pembukaan Rekening Baru di Situs KlikBCA

  • Untuk mempermudah nasabah baru BCA, pembukaan rekening baru dapat dilakukan dengan mengisi formulir di situ Klik BCA. Isi data dengan lengkap sesuai dengan data pribadi pada ID Card yang dimiliki, setelah mengirim formulir pembukaan rekening baru sobat tetap diwajibkan mengunjungi kantor cabang BCA di lingkungan terdekat sobat untuk memverifikasi ke aslian data yang dimasukan.
  • Setelah mengisian formulir online di situs KlikBCA, Pemohon pembukaan rekening baru BCA mencatat atau memprint nomor referensi yang diberikan oleh aplikasi online agar dapat segera dibuatkan rekening tabungan di Kantor Cabang BCA terdekat yang sobat kunjungi.
  • Pemohon rekening baru wajib terlebih dahulu membaca dengan teliti serta memahami informasi dari produk simpanan atau tabungan yang ditampilkan di laman KlikBCA sebelum mengajukan permohonan buka rekening di Kantor Cabang BCA.
  • Calon nasabah di wajibkan untuk membawa dokumen pendukung verifikasi data berikut di saat datang ke Kantor Cabang BCA untuk pembukaan rekening tabungan baru:
  1. Memiliki bukti nomor referensi dari aplikasi formulir online;
  2. Membawa foto copy dan identitas diri asli yang masih berlaku seperti KTP/SIM/PASPOR; (jika sedang diperpanjang harus membawa resi asli dari instansi terkait)
  3. Surat keterangan tinggal atau domisili jika:
  • Alamat pada KTP Pemohon berbeda atau membuka di daerah Kantor Cabang BCA tempat rekening akan dibuka; dan
  • Pemohon tidak mempunyai dokumen pendukung identitas valid lain atau nama serta alamat yang tercantum didalam dokumen pendukung memiliki perbedaan dengan di KTP;
  • Dokumen pendukung lainnya (apabila ada) sesuai syarat dan ketentuan rekening yang diberlakukan BCA;
  • Atas pertimbangan tertentu, pihak BCA berhak menolak pembukaan rekening baru yang diajukan oleh Pemohon.
BCA (Bank Central Asia), yang merupakan salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, dengan berbagai pilihan jenis produk tabungan BCA yang terdiri dari Tahapan (Tabungan Hari Depan), Tahapan Xpresi (Tabungan anak muda yang kreatif, dinamis, xpresif serta semakin eksis), Tapres (Tabungan Prestasi) serta BCA Dollar (Tabungan Dollar Amerika dan Dollar Singapore). Untuk produk rekening tabungan Tahapan silver ada juga tabungan Tahapan Gold dan Tahapan Platinum guna keperluan pebisnis, program tabunganku yang bekerja sama dengan beberapa bank besar lainnya agar kegiatan menabung dapat menjadi budaya di Indonesia dan program rekening tabungan LAKU.

Meskipun memiliki banyak jenis produk tabungan, tetap yang menjadi unggulan BCA ialah tabungan jenis Tahapan atau lebih dikenal dengan Tahapan BCA. Tabungan Tahapan BCA memiliki beberapa kelebihan antara lain saldo minimum yang rendah Rp50.000 (Update: 1 Februari 2016 ) dan biaya administrasi perbulan di sesuaikan dengan kartu paspor BCA yang dimiliki, berikut datanya:
Biaya Administrasi Bulanan Kartu Paspor Tahapan BCA:
Kartu Tahapan Silver / Khusus Counter :
  • Biaya Administrasi per-bulan
15.000
  • Biaya Pembuatan / Penggantian Kartu
10.000
Kartu  Tahapan Gold:
  • Biaya Administrasi per-bulan
17.000
  • Biaya Pembuatan / Ganti Kartu
15.000
Kartu Tahapan Platinum:
  • Biaya Administrasi per-bulan
20.000
  • Biaya Pembuatan / Penggantian Kartu
20.000
Update: 1 Februari 2016
Keterangan: Jumlah dalam Rupiah (IDR).


Kartu paspor BCA merupakan kartu debit/kartu ATM yang dikeluarkan pihak bank BCA dengan beberapa pilihan sesuai dengan jenis Tabungan yang dimiliki nasabah, yaitu kartu BCA Silver, BCA Gold serta BCA Platinum dengan biaya bulanan sesuai dengan data yang terdapat pada tabel diatas.

Cara, Persyaratan serta Tahapan Membuka Rekening Baru di Bank BCA

Selain pembukaan rekening secara online banyak juga nasabah baru BCA yang membuat rekening baru dengan mendatangi kantor cabang BCA, adapun persyaratanya sebenarnya tidak begitu berbeda dengan pengajuan secara online.

Cara membuka tabungan Tahapan BCA cukup mudah, sobat hanya perlu mendatangi cabang BCA terdekat dengan menyertakan identitas diri, NPWP serta membawa uang untuk setoran awal. Lebih jelasnya bisa dilihat di bawah ini:
  1. Calon Nasabah ialah perorangan ataupun yayasan
  2. Mengisi formulir serta menandatangani berkas permohonan pembukaan rekening baru
  3. Membawa identitas diri asli yang masih berlaku serta kartu NPWP
  4. Setoran awal buka tabungan minimal Rp500.000 serta setoran berikutnya minimal Rp50.000
  5. Saldo minimal per bulan Rp100.000
  6. Saldo minimal yang ditahan Rp50.000
  7. Biaya administrasi perbulan, disesuaikan dengan kartu paspor BCA yang dipunyai
Keterangan Nominal (IDR)
Setoran tabungan awal minimum 500.000
Setoran minimum berikutnya 50.000
Saldo minimum rata-rata bulanan 100.000
Saldo minimum saldo ditahan 50.000
Biaya ganti buku jika rusak 5.000
Biaya mencetak mutasi GTU (perlembar)* 2.500
Biaya Penutupan Rekening 5.000
Biaya administrasi tambahan jika rata-rata saldo dibawah minimum 5.000
*) Dengan maksimal biaya Rp. 150.000.

Bagi sobat yang belum mempunyai NPWP, tidak perlu khawatir jika nantinya belum bisa membuka rekening tabungan Tahapan di bank BCA, cobalah datangi langsung cabang BCA terdekat dengan rumah sobat, lalu informasikan bahwa sobat belum memiliki NPWP. Saya rasa bagian customer service bank BCA akan sangat memaklumi, tapi sebaiknya bertanya dulu kepada satpam yang menjaga karena setau saya selain berjaga juga dapat memberikan informasi tentang bank.

Tahapan Berjangka Bank BCA

Pada 22 Februari 2016 Bank BCA mengeluarkan produk baru yang diberi nama Tahapan Berjangka yang merupakan jenis tabungan investasi dengan beragam fitur yang ditawarkan dengan beberapa keuntungan, berikut penjelasan singkatnya;

1. Setoran rutin dalam jumlah dan jangka waktu yang fleksibel

Tahapan Berjangka BCA merupakan bentuk tabungan perorangan dengan mata uang Rupiah yang secara otomatis akan mendebet serta menggambil dana dari rekening sumber dana nasabah. Tabungan Tahapan, Rekening Tabungan Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, ataupun dari Tapres bisa jadikan sebagai rekening sumber dana nasabah. Setiap nasabah BCA bisa mempunyai lebih dari 1 rekening Tahapan Berjangka walaupun hanya memakai satu rekening sumber dana.

Jangka waktu yang ditawarkan sangat fleksibel, dimulai dari minimal 12 bulan sampai dengan maksimal 240 bulan atau 20 tahun. Setoran perbulan mulai dari Rp500 ribu, dan dapat lebih besar dengan kelipatan Rp50 ribu dan dapat juga dengan bebas menambah dana sewaktu-waktu di luar dari pada setoran perbulan.

2. Suku bunga menarik
Suku bunga yang ditawarkan pun cukup menarik, Tahapan Berjangka BCA menawarkan bunga berjenjang (tiering) yang didasarkan dari setoran rutin bulanan nasabah. berikut penjelasannya;

Setoran rutin bulanan
Jangka Waktu 1 – < 3 tahun, setoran < Rp 1 juta bunga 3,00%, setoran >= Rp 1 juta bunga 3,50%

Jangka Waktu 3 – < 5 tahun, setoran < Rp 1 juta bunga 3,75%, setoran >= Rp 1 juta bunga 4,00%

Jangka Waktu 5 – < 10 tahun, setoran < Rp 1 juta bunga 3,50%, setoran >= Rp 1 juta bunga 4,00%

Jangka Waktu >= 10 tahun, setoran < Rp 1 juta bunga 3,75%, setoran >= Rp 1 juta bunga 4,25%
suku bunga tahapan berjangka BCA
suku bunga tahapan berjangka BCA

Bunga bersifat fluktuasi mengikuti perkembangan yang terjadi di pasar, dan dikenakan pajak pendapatan sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan pemerintah.

3. Tabungan tidak dapat ditarik sebelum jatuh tempo

Tabungan Tahapan Berjangka bertujuan mewujudkan impian para nasabahnya dengan bunga yang besar tiap bulannya, dengan begitu jumlah dana nasabah pun akan cepat bertambah tiap bulannya, dibandingkan dengan hanya mengendap ditabungan saja, BCA melalui Tahapan Berjangka mengajak nasabahnya untuk berinvestasi yang saling menguntungkan, dengan syarat nasabah tidak menarik dana atau melakukan penutupan rekening sebelum jangka waktu yang telah ditentukan berakhir.

Namun apabila sobat terpaksa menarik dana ataupun melakukan penutupan rekening Tahapan Berjangka, maka dikenakan biaya pinalti penutupan rekening jika belum jatuh tempo. Jika rekening tabungan Tahapan Berjangka melakukan debet ke rekening tabungan namun gagal selama 3 bulan secara berturut-turut juga akan otomatis dilakukan penutupan rekening dan dana yang ada akan dikembalikan ke rekening sumber dana dengan beberapa biaya pinalti.

4. Syarat mudah dengan banyak fasilitas

Persyaratan membuka rekening pun tidak terlalu sulit seperti: WNI telah berusia setidaknya 12 tahun sampai maksimal berumur 60 tahun, memiliki jangka waktu menabung yang panjang karena maksimal sampai pada usia nasabah 65 tahun, mengisi formulir untuk membuka Tahapan Berjangka BCA, lalu menyetujui persyaratan serta ketentuan yang berlaku, serta mengikuti asuransi jiwa yang telah disediakan.

Dengan kemudahan tanpa direpotkan melakukan setoran bulanan, melalui fasilitas autodebet dari rekening sumber dana, keuntungan lainnya dibebaskan dari biaya administrasi bulanan serta mudahnya melakukan cek saldo bulanan melalui rekening Koran elektronik/e-statement di KlikBCA..

Dan pada saat rekening Tahapan Berjangka sudah jatuh tempo, nasabah akan menerima notifikasi melalui SMS ataupun melalui email.

5. Asuransi jiwa BCA Life
Bekerjasamanya asuransi BCA Life dengan Tahapan Berjangka BCA nasabah akan mendapatkan asuransi jiwa secara cuma-cuma, selain santunan kematian dikisaran Rp5 juta, nasabah juga akan mendapat manfaat asuransi yang berupa uang pertanggungan, yang besarnya disesuaikan dengan setoran rutin nasabah Tahapan Berjangka yang belum sepat disetor. Adapun besar uang pertanggungan yang akan diterima ahli waris dijelaskan pada bagan berikut ini :
  1. Masa Menabung < 1 tahun, Alasan Meninggal Sakit, Uang Pertanggungan ---
  2. Masa Menabung < 1 tahun, Alasan Meninggal Kecelakaan, Uang Pertanggungan --- 1 x UP, maksimal Rp 750 juta per nasabah
  3. Masa Menabung >= 1 tahun, Alasan Meninggal Sakit, Uang Pertanggungan 1 x UP, maksimal Rp 750 juta per nasabah
    Asuransi jiwa BCA Life
    Asuransi jiwa BCA Life
Jika sobat tertarik membuat rekening Tahapan Berjangka BCA untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi langsung Halo BCA di nomor 1500888 ataupun cukup mention akun Twitter @HaloBCA.

Baca Juga