Tips Cara Menanam dan Merawat Bunga Kertas Agar Cepat Tumbuh

Berikut ini Tips Cara Menanam dan Merawat Bunga Kertas Agar Cepat Tumbuh sehat dan subur pertumbuhannya, Jika sobat adalah seorang pecinta tanaman pemula dan juga belum memiliki banyak pengalaman dalam hal menanam tanaman hias, memelihara tanaman bunga kertas saya rasa sangat cocok, karena menanam bunga kertas tidak terlalu sulit, serta mudah dalam perawatannya.

Cara Menanam serta Merawat Bunga Kertas Agar Tumbuh Cepat

Hal menarik dari bunga kertas ini dikarenakan memiliki bermacam jenis warna bunga yang akan terlihat sangat cantik dan semarak menghiasi halaman rumah disaat berbunga, karena tanaman bunga kertas tubuhan berbunga jamak diseluruh batang. Untuk memperoleh bibit bunga kertas, sobat bisa membeli di toko penjual tanaman hias ataupun memakai teknik cangkok melalui induk tanaman bunga kertas tetangga.
bunga kertas cantik dalam pot warna merah terang
bunga kertas cantik dalam pot warna merah terang

Bunga kertas dikenal juga dengan sebutan nama bunga bougainvillea, memiliki daya tahan yang kuat dan mudah menyesuaikan diri terhadap alam tempatnya tumbuh, mulai di dataran rendah sampai dataran tinggi tanaman bunga bougainvillea.
bunga kertas cantik warna putih
bunga kertas cantik warna putih

Meski didalam perawatan tergolong mudah, tanaman bunga kertas tetap harus dirawat secara berkala. Beberapa hal yang harus diperhatikan agar bunga kertas dapat secara rutin berbunga dan terus akan berbunga di tahun selanjutnya.
nursery bunga kertas warna ungu
nursery bunga kertas warna ungu

Jika sobat membeli bibit bunga kertas, sebaiknya segera ditanam bibit bunganya bisa di halaman rumah, atau didalam pot yang lebih besar, supaya perkembangan bibit dapat maksimal nantinya. Menanam tanaman bunga bougainvillea atau bunga kertas di dalam sebuah pot bukanlah cara yang baik untuk tanaman bunga yang mempunyai ranting batang kayu banyak seperti pada tanaman bunga kertas. Hal yang terbaik tentunya jika menanam langsung pohon bunga kertas didalam tanah di halaman depan rumah, supaya akar-akarnya dapat tumbuh lebih baik.
bunga kertas orange paling cantik
bunga kertas orange paling cantik

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat bunga kertas:
  1. Tanaman hias bunga kertas memerlukan paparan cahaya matahari langsung bahkan disaat cuaca terik sekalipun, itu artinya tanaman hias bunga kertas harus selalu mendapatkan cahaya matahari dan tanaman ini baik sekali sebagai tanaman hias peneduh teras rumah.
  2. Penyiraman bukan faktor utama, karena ketahanan tanaman hias ini, namun perawatan yang teratur sangat diperlukan agar bunga kertas dapat tumbuh sempurna.
  3. Perlu diingat tentang bunga kertas didalam 1 tahun memerlukan masa-masa dimana ia tanpa air atau masa kering. Guna masa kering adalah untuk menstimulasi tumbuhnya kuncup bakal bunga di ranting-ranting dahan pohon. Dimasa kering akan mulai muncul beberapa buah kuncup bunga kertas yang prosesnya sampai empat hari lamanya, tidak perlu disiram.
  4. Lakukan pemupukan rutin pada tanaman hias bunga kertas, pemberian pupuk terbaik dilakukan pada masa kering selama empat hari tersebut.
    nursery budidaya bunga kertas sentiasa berbunga
    nursery budidaya bunga kertas sentiasa berbunga
Sekian Tips Cara Menanam dan Merawat Bunga Kertas Agar Cepat Tumbuh, dengan melakukan perawatan tanaman hias bunga kertas seperti di atas, usaha yang sobat telah lakukan akan terbayar dengan kemunculan bunga indah di tiap dahan tanaman bunga kertas.

Baca Juga