Cara Menanam Pohon Buah Semangka Dalam Pot Atau Polybag di Rumah

Cara Menanam dan Merawat Pohon Buah Semangka Dalam Pot Atau Polybag di Rumah, memiliki tanaman buah sendiri tentunya sangat mengasikkan selain dapat menggurangi stress menanam juga banyak manfaatnya, apalagi jika tanaman tersebut telah berbuah, pada artikel kali ini saya akan menshare artikel mengenai bagaimana menanam dan merawat pohon buah semangka yang baik dan benar, dimulai dari benih, perawatan, media tanam hingga pasca berbuah, untuk lebih jelasnya dapat disimak dalam penjelasan berikut ini!
Cara Menanam Pohon Buah Semangka Dalam Pot Atau Polybag di Rumah
Langkah- langkah Menanam Pohon Buah Semangka Dalam Pot Atau Polybag di Halaman Rumah
Media tanam & Bahan yang dipersiapkan:
  1. Bibit biji semangka yang terbaik bisa non biji atau ingin yang warna kuning
  2. Pupuk
  3. Tanah berhumus
  4. Air
  5. Hormon Pertumbuhan Organik
  6. Pot yang cukup besar
  7. Pot penyemaian
  8. Gunting
  9. Kayu penyangga
Berikut ini proses atau cara menanam pohon buah semangka di dalam pot atau polyback yang cukup simple dan mudah dalam perawatannya:

Pemilihan Akan Bibit
Yang dibutuhkan buat dijadikan bakal bibit yakni biji semangka terbaik yang didapat melalui toko tanaman maupun beli melalui toko online yang sekarang sudah lumayan banyak. Sama seperti pada proses penanaman buah-buahan yang lain, pemakaian buat bibit tanaman sebaiknya memakai biji yang berasal dari buah semangka yang telah matang & condong agak tua, diluar itu, buah indukan mesti berukuran bulat sempurna & dalam keadaan sehat.
Bibit buah semangka yang siap tanam di pot besar atau tanah langsung
Bibit buah semangka yang siap tanam di pot besar atau tanah langsung

Pemilihan Pot Tanaman
Untuk menanam pohon buah-buahan, pot yang paling ideal dipakai harus terbuat dari bahan tanah liat. Dikarenakan, untuk pot seperti ini memungkinkan menjaga kelembaban di dalam media tanam lebih terjaga dengan baik, sangat berbeda dengan pot yang terbuat dari plastik di mana air cuma mengalir ke bidang dasar saja, tanpa bisa menempel pada sisi-sisi pot. Kelembaban yang konsisten terjaga bakal menghasilkan buah yang lebih baik dan berkembang pohon semangka akan semakin sempurna. Seandainya susah memperoleh pot tanah liat boleh memakai pot plastik.

Pengerjaan Persiapan Media Tanam
Sarana tanam buat pohon buah semangka ialah tanah yang gembur & subur. Di sini kita memakai campuran tanah kebun/humus, pasir,& pupuk yang diaduk merata. Seterusnya, masukkan media tanam ini ke dalam pot atau polybag. Perlu diketahui, media tanam yang sudah diolah tersebut belum dapat dipakai langsung. Perlu waktu setidaknya seminggu supaya keadaan tanah normal kembali dan baik untuk penanaman.

Tahap Pembibitan
Kebanyakan, pembibitan/penyemaian dilakukan di wadah yang terpisah. Tapi demi keefektifan & mengurangi kesalahan bagi pemula, kita dapat langsung melakukan penyemaian biji buah semangka di dalam media tanam.

Buatlah 1 hingga 2 lubang penanaman dengan kedalaman lebih kurang 6 centimeter di masing-masing pot atau polybag. Masukkan biji buah semangka ke dalam lubang tersebut, satu lubang hanya untuk satu biji. Setelah itu tutup lubang dengan tanah kembali.

Pot atau polybag ditempatkan di lingkungan yang sedikit lembab & memperoleh paparan sinar matahari langsung. Selagi dalam proses pembibitan ini, pot atau polybag tak perlu disiram. Proses penyemaian dilakukan sampai tinggi tunas mencapai 10 centimeter.
Buah semangka yang menggantung ditanam dalam pot atau polybag membutuhkan penopang batang
Buah semangka yang menggantung ditanam dalam pot atau polybag membutuhkan penopang batang

Tahap PenanamanBibit
Sesudah bibit semangka berumur 2-3 pekan, bibit semangka telah memiliki akar yang cukup kuat. Sekarang Ini saatnya kamu dapat memindahkan pot atau polybag tersebut ke area yang lebih terbuka sehingga akan mendapati sinar matahari langsung yang lebih banyak.

Posisi yang paling baik untuk menaruh tanaman buah semangka yaitu di dekat pagar & diletakkan berjajaran dengan pot semangka yang lain. Dengan cara ini, kamu bisa menyulap pagar tersebut jadi lebih hidup dan indah, lokasi ideal yang lain yaitu meletakan bibit buah di tengah-tengah tanaman dengan posisi pot yang ditata melingkar. Mainkan tongkat penyangga di masing-masing pot supaya membentuk pola ketinggian tanaman yang indah dan terlihat harmonis.

Tahap Perawatan
Pohon buah semangka memerlukan air dalam jumlah yang lumayan banyak, setidaknya kita mesti menyiramnya dengan cara teratur dikala pagi & sore hari serta pemberian pupuk dan hormon perangsang pertumbuhan untuk daun dan batang tiap-tiap 2 pekan. Tanaman pun harus selalu memperoleh pupuk, lakukan secara rutin terutama ketika tanaman buah semangka telah mulai berbunga.

Sesudah bunga bakal buah mulai tumbuh, kegiatan penyiraman sebaiknya agak dikurangi jadi dua hari sekali saja, hal ini bertujuan biar akar dan batang tanaman tak membusuk & buah yang dihasilkan tak terlampaui banyak mengandung air yang dapat menjadikan rasa dari buah lebih hambar.
Buah semangka yang siap panen batang buahnya akan mengkerut
Buah semangka yang siap panen batang buahnya akan mengkerut

Tahap Pemanenan Buah Semangka
Proses pemanenan tanaman buah semangka dilakukan sesudah buah mulai berukuran besar & sudah tua, biasanya buah sudah berumur 2 hingga 3 bln. Buah yang sudah matang dapat di lihat dengan mudah dari tangkai buahnya yang sedikit mengkerut dan tidak segar lagi. Pemotongan buah sebaiknya dilakukan dengan gunting supaya tak merusak tangkainya, mengingat kita tetap dapat menggunakan daya tarik tanaman semangka ini juga sebagai penghias taman.

Catatan yang perlu diperhatikan dalam menanam pohon semangka menggunakan media tanam pot atau polybag, membutuhkan rangka untuk pertumbuhan dahan tanaman, sebagai penyangga sebaiknya terbuat dari besi, karena buah semangka nantinya akan menggantung dan memiliki beban yang berat, berbeda dengan saat kita menanamnya didalam tanah langsung yang tidak memerlukan penyangga dan buah dibiarkan tergeletak diatas tanah, selamat bercocok tanam.

Baca Juga