Perbedaan Toyota Sienta dan Veloz

Spesifikasi dan harga Toyota Sienta dan Veloz - PT Toyota Astra Motor (TAM) telah melauncing harga resmi Toyota Sienta. Banderol harga yang ditetapkan dimulai dari Rp230 juta hingga Rp295 juta on the road Jakarta. Disebutkan, varian E M/T sebagai kategori paling bawah dibanderol Rp230 juta. Sedangkan ECVT yang selevel di atasnya dipatok Rp248 juta.

Spesifikasi dan harga Toyota Sienta dan Veloz

Varian menengah Sienta yang diwakili kategori G, masing-masing dihargai Rp242 juta (manual) & Rp260 juta (CVT/matik). Sementara harga jajaran varian atas, seperti kategori V M/T Rp257 juta & V CVT Rp275 juta. Varian Q yang jadi type paling tinggi dihargai Rp295 juta.
Perbedaan Toyota Sienta dan Veloz
Toyota Sienta. Perbedaan Toyota Sienta dan Veloz
Sebagai info, Toyota Sienta pertama kali dikenalkan di arena Indonesia International Motor Show 2016 (IIMS 2016), pertengahan April lalu. Sejak kiprah pertama sampai Mei lalu surat pemesanan kendaraan (SPK) MPV tujuh penumpang ini mencapai 2.000 unit.

"Angka perolehan SPK All New Sienta ini sekaligus membuktikan bahwa kedatangan Sienta dapat menjawab kepentingan pasar Indonesia akan satu buah kendaraan Multi Activity Vehicle yang makin memperlengkap line-up kendaraan di Indonesia," terang Vice President Director PT TAM Henry Tanoto dalam keterangan resminya.
Spesifikasi dan harga Toyota Sienta dan Veloz
Toyota Veloz. Spesifikasi dan harga Toyota Sienta dan Veloz

Walaupun harga resmi Toyota Sienta belum ke luar, telah banyak orang yang lakukan pemesanan. Maklum, ini mobil baru. Semua mau jadi yang perdana untuk memilikinya.

Kabar disaat soft launching di Indonesia International Motor Show 2016 (IIMS), Toyota Astra Motor telah mengeluarkan kisaran harganya. Toyota Sienta akan miliki harga resmi antara Rupiah 230-295 juta. Harga ini ada mirip dengan bandrol Honda Freed yang juga adalah sliding door small MPV.

Di kelas harga yang sama, nyatanya ada MPV yang lain. Yakni Toyota Veloz, varian paling mahal dari Avanza, yang harganya telah menyentuh Rp 230 juta. Mesinnya pun sama-sama 1,5 liter. Artinya Sienta pun miliki kompetitor dari keluarganya sendiri.

Baik Sienta ataupun Veloz miliki kelebihan & kekurangan masing-masing. Tetapi masih saja membuat kita harus tentukan, model mana yang dapat dipilih.
Spesifikasi dan harga Toyota Sienta dan Veloz
Spesifikasi dan harga Toyota Sienta dan Veloz

Sama-sama memakai mesin 2NR, yang membedakan di antara keduanya yakni system penggerak yang digunakan. Alhasil, Sienta E yang memanfaatkan system penggerak roda depan mengusung mesin 2NR-FE 1,5 liter sementara Veloz yang berpenggerak roda belakang memanfaatkan mesin 2NR-VE 1,5 liter. Keduanya sudah meraih technologi Dual VVT-i, tetapi output tenaga yang ditawarkan sedikit berlainan. Sienta menyuguhkan 107 ps pada 6.000 rpm, sementara Veloz bertenaga 104 ps pada putaran mesin yang sama. Untuk torsi, Sienta menawarkan 140 Nm, sementara Veloz 136 Nm.

Tidak Hanya itu, pada Veloz 1.5 A/T, memakai transmisi automatis 4-speed konvensional, sementara Sienta E M/T memakai transmisi manual 6-speed. Yang Merupakan mobil berpenggerak roda depan, biasanya menawari keunggulan soal efisiensi bahan bakar, factor ini disebabkan tak adanya prosedur penambahan yang menghilangkan daya dari mesin ke roda penggerak. Sementara kepada Veloz, tenaga yang dihasilkan pula mesti memutar poros penggerak dari mesin di depan ke roda di belakang. Tapi transmisi automatic milik Veloz berikan keuntungan diwaktu harus menembus kepadatan lalu lintas kota besar, sementara transmisi manual 6-speed yang dipunyai oleh Sienta jelas membuahkan efisiensi diwaktu menempuh perjalanan luar kota.

Baca Juga