Cara Membersihkan Rantai Motor yang Tepat

Cara  Membersihkan Rantai Motor yang Tepat - Berikut ini tips cara merawat rantai motor, rantai motor sendiri memiliki fungsi utama sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang. Namun kini sudah jarang sekali rantai memiliki penutup, keadaannya yang terbuka paling sering menjadi penyebab rantai motor penuh kotoran.

Cara  Membersihkan Rantai Motor yang Tepat

Kotoran yang menempel tak dapat dianggap sepele, sebab lama kelamaan dapat merusak rantai. Kinerja rantai yang kurang maksimal berpengaruh pada performa motor secara total.
Cara  Membersihkan Rantai Motor yang Tepat
Cara  Membersihkan Rantai Motor yang Tepat

Untuk itu, rantai sepeda motor wajib untuk selalu dibersihkan & selalu terlumasi dengan baik. Tak terlalu susah untuk melakukan perawatan rutin pada rantai motor lantaran dapat Kamu kerjakan sendiri di rumah.

Langkah pertama membersihkan rantai yakni dengan menyemprotkan penetran ke seluruhnya sektor rantai. Cairan ini memiliki fungsi melunturkan sisa-sisa pelumas berikut kotoran yang menempel. Jika sobat mengalami kesusahan untuk mendapatkan penetran, Kamu dapat menggunakan minyak tanah atau minyak solar untuk melunturkan kotoran lebih cepat.

Sesudah itu, bersihkan semua bagian pada rantai dengan cara disikat. Kamu bisa pakai sikat gigi bekas atau kuas kecil untuk merontokkan kotoran yang bandel menempel kuat pada permukaan rantai.

Usai dibersihkan dari kotoran yang menempel, langkah berikutnya yang dilakukan yakni melumasi dengan pelumas khusus rantai sepeda motor. Sebelum dilumasi, keringkan dahulu rantai dengan cara dikendarai dalam jarak dekat. Apabila rantai sudah kering, semprotkan dengan pelumas rantai sampai merata.

Baca Juga