Sering Sakit Gigi? Coba Obati Dengan Cara Alami

Sering Sakit Gigi? Coba Obati Dengan Cara Alami - Siapa yang tidak pernah sakit gigi? Sakit gigi sangat menggangu aktivitas sehari-hari bila sedang menyerang, karena datangnya tiba-tiba, akhirnya cuma bisa dirumah aja menahan rasa sakit dengan muka muram. Bagi mereka yang memiliki gigi berlubang akan lebih sering lagi sakit gigi, namun sobat dapat mencoba tips mengobati dengan cara alami yang akan dibahas dalam artikel ini.

Sering Sakit Gigi? Coba Obati Dengan Cara Alami

Sakit gigi merupakan rasa nyeri pada gigi yang bisa disebabkan gigi berlubang, penyakit gusi, akar gigi sensitif, abses gigi, sindrom gigi retak, gangguan dari sendi temporomandibular, impaksi &dan erosi gigi. Sakit gigi juga disebabkan oleh beberapa masalah pada gigi serta rahang, karies gigi, gingivitis dan adanya penyakit pada rahang, serta masih banyak lagi, satu hal yang pasti sakit gigi menyebabkan rasa pusing di kepala dan tidak bisa tidur nyenyak.
Sering Sakit Gigi? Coba Obati Dengan Cara Alami
Sering Sakit Gigi? Coba Obati Dengan Cara Alami. pic:123rf.com

Daun Inggu Kering

Daun inggu terkenal sebagai tanaman obat, berwarna hijau dengan daun yang cukup rimbun berwarna hijau, dengan ranting kecil tingginya tidak sampai 1 meter.
Penggunaan daun inggu untuk sakit gigi:
  • Siapkan daun inggu yang sudah kering (2-4 gram), 
  • air (2 gelas).
Cara pengolahan: Dengan merebus daun inggu kering kedalam 2 gelas air masak sampai mendidih, kemudian saring air rebusan, setelah air dingin, gunakan untuk berkumur 2-3 kali sehari.

Minyak tempurung kelapa

Pohon kelapa memang sangat bermanfaat, karena setiap bagiannya hampir tidak ada yang dibuang, wajar saja jika dipakai logo Pramuka, kali ini yang akan dimanfaatkan sebagai obat adalah tempurung buah kelapa, penjual minyak tempurung kelapa masih jarang makanya agak susah mendapatkannya.
Penggunaan tempurung kelapa untuk sakit gigi:
  • Tempurung kelapa dibelah
  • Kapas secukupnya
Cara pengolahan: Tempurung kelapa dibakar hingga keluar minyak. Minyak yang keluar di ambil dengan kapas, kemudian tempelkan kapas pada gigi yang sakit.

Campuran rebusan daun sirih dan cengkeh

Daun sirih dan cengkeh dikenal memiliki anti biotik alami sehingga sering dipergunakan sebagai bahan pembuat obat.
Penggunaan daun sirih dan cengkeh untuk sakit gigi:

  • daun sirih 
  • buah cengkeh
Cara pengolahan: Rebus kedua bahan hingga mendidih, saring airnya dan didinginkan, pergunakan air rebusan untuk berkumur-kumur setiap hari, cara ini merupakan cara herbal pengganti obat kumur yang diperjual belikan.

Bersihkan bagian yang sakit

Rajin membersihkan bagian gigi yang sakit dengan sikat gigi atau mengosok gigi, terkadang dengan cara ini rasa sakit gigi akan hilang namun sifatnya hanya sementara saja, jika dengan cara ini masih belum sembuh juga, bersihkan gigi dengan tusuk gigi untuk melepas sisa-sisa makanan yang biasanya masih menempel di gigi dan menjadi sumber kuman berkumpul disekitar gigi yang sakit.

Dengan mengeluarkan darah

Lakukan dengan "ditarik" ataupun disedot dibantu lidah pada gigi yang sedang sakit. Biasanya jika berdarah akan berwarna merah kehitaman, hal ini diyakini akan mempercepat penyembuhan karena nantinya tubuh akan mengeluarkan sistim imunnya sendiri untuk melawan bakteri.

Buah belimbing wuluh

Buah belimbing wuluh juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit gigi dengan memakannya dengan sedikit garam ditempat gigi berlubang, ulangi beberapa kali dalam sehari.

Jeruk nipis

Perasan sari jeruk nipis dapat juga dipakai, caranya dengan dioleskan pada bagian gigi yang sakit, setiap 10 menit sampai rasa sakit berkurang, karena jeruk nipis dipercaya dapat meredakan rasa sakit di gigi.

Sekian artikel mengenai Sering Sakit Gigi? Coba Obati Dengan Cara Alami, semoga bermanfaat.

Baca Juga