Ciri-ciri Terkena Diabetes? Cek Gula Darah Rutin!

Dari data yang dikeluarkan oleh International diabetes Federation mengungkapkan pada 2030 diperkirakan ada sebanyak 11,8 juta penderita diabetes di Indonesia, jika dilihat pada data 2013 tentu saja penderita diabetes di Indonesia mengalami kenaikan 2 kali lipat dari 7,6 juta jiwa yang tercatat.

Ciri-ciri Terkena Diabetes? Cek Gula Darah Rutin!

Diabetes atau lebih dikenal dengan kencing manis maupun diabetes mellitus terjadi dikarenakan terjadinya kelainan pada sistim kerja insulin di dalam tubuh dalam menormalkan glukosa yang berlebihan didalam darah, hal yang menyulitkan terkadang si penderitanya pun tidak merasakan gejala yang timbul karena ciri-ciri terkena diabetes memang agak susah dirasakan pada gejala-gejala awal, sehingga ketika serangan diabetes pada level yang lebih tinggi akan langsung merusak jaringan pada tubuh.
Ciri-ciri Terkena Diabetes? Cek Gula Darah Rutin!
Ciri-ciri Terkena Diabetes? Cek Gula Darah Rutin!

Dikutip dari salah satu artikel di Kompas berikut yang biasanya menjadi ciri-ciri mereka yang terkena diabetes, dan jika sobat mengalaminya harus segera cek gula darah secara rutin, berikut ciri-ciri terkena diabetes:

1. Suka buang air kecil

Salah satu yang menjadi ciri gejala kencing manis atau diabetes yang harus menjadi perhatian lebih ialah ketika aktivitas poliuri atau sering buang air kecil menjadi lebih sering dilakukan dengan volume yang agak banyak, dan biasanya pada malam hari menjadi sering buang air kecil. Hal ini bisa saja terjadi karena pengaruh dari kadar gula didalam ginjal yang telah melebihi nilai ambang ginjal atau melebihi 180 mg/dl, hal ini yang menyebabkan menjadi lebih sering buang air kecil, karena untuk mengurangi kadar gula sehingga dibuang melalui urine.

Kebiasaan ini akan menggangu tidur disaat malam, karena tubuh akan menarik air sebanyak mungkin untuk membuang urine yang mengandung banyak gula.

2. Cepat merasa lapar

Poliphagia atau kondisi dimana memiliki rasa lapar yang berlebihan. Hal ini biasanya menyerang mereka yang memiliki gejala penyakit diabetes atau kencing manis, rasa lapar yang berlebihan ini disebabkan karena kurangnya insulin didalam darah memasukkan gula ke dalam sel otot yang menjadi energi utama, karena tidak bekerjanya insulin organ sel akan melemah seakan tubuh kehabisan energi.

Disaat bersamaan, sinyal otak mengira hilangnya energi dikarenakan kekurangan makanan hingga tubuh berusaha mendapatkan asupan energi baru dengan mengirimkan sinyal rasa lapar.

Hal ini sebenarnya menjadi serba salah karena jika memakan makanan yang tidak sesuai justru akan menjadi pemicu baru kerusakan insulin dalam darah dan dengan bertambahnya kadar gula darah yang tinggi setelah makan dapat memicu serangan komplikasi makrovaskuler yaitu dikenal dengan gangguan jantung serta pembuluh darah, banyaknya penderita diabetes atau kencing manis meninggak dikarenakan serangan komplikasi jantung serta pembuluh darah.

3. Sering haus

Satu yang menjadi ciri khusus penderita diabetes ialah Polidipsi, dimana sering kali penderita merasa haus terus menerus. Perasaan kekurangan air atau dehidrasi ini membuat sang penderita memiliki keinginan minum sebanyak-banyaknya dan tentu saja dampaknya pada banyaknya urine yang dikeluarkan.

Lebih dari pada itu, dengan seringnya merasa haus membuat penderita berkeinginan meminum air dingin, segar, manis dan banyak. Padahal, jika meminum air manis akan memberikan dampak yang merugikan karena akan mengakibatkan kadar gula didalam darah semakin tinggi.

Baca Juga