Fungsi Kalsium dalam menjaga kesehatan kekuatan tulang, gigi, dan kuku

Fungsi Kalsium dalam menjaga kesehatan kekuatan tulang, gigi, dan kuku - Selama ini kita diajarkan, Fungsi Kalsium adalah untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, gigi, dan kuku. Tapi sebenarnya, itu belum semuanya. Untuk melakukan aktivitas, kita memerlukan energi. Energi sendiri terdiri atas berbagai zat, salah satu nya adalah Ion Ca+, yaitu Calcium. Tubuh manusia dari umur 19-50 tahun, membutuhkan kalsium sekitar 1000mg / hari. 1% dari kebutuhan ini akan digunakan untuk kerja organ.

Fungsi Kalsium dalam menjaga kesehatan kekuatan tulang, gigi, dan kuku

Denyut jantung, kerja hati, ginjal, dan organ organ lainnya, semua dipengaruhi oleh kalsium dalam tubuh kita. Sedangkan SISAnya, 99% dari kalsium ini akan digunakan untuk pertumbuhan tulang, gigi, dan kuku. Kalsium yang dibutuhkan oleh organ akan diedarkan melalui darah. Bila tubuh kekurangan kalsium, maka kerja organ akan tidak maksimal. Selain itu, tubuh akan mengutamakan kelangsungan hidup sebagai prioritas utama dan berusaha sebisa mungkin memenuhi kebutuhan organ. Tubuh akan mulai menyerap kalsium DARI TULANG kita sendiri.

Setiap tahun, tulang akan kehilangan konsentrasinya sekitar 1% dan terus bertambah rapuh karena kalsium nya dihisap oleh organ tubuh sendiri dan menyebabkan osteoporosis. Selain osteoporosis, kekurangan kalsium juga bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, mencapai sekitar 200 jenis. Mulai dari jantung, batu ginjal, Nyeri otot tulang, Kekebalan tubuh berkurang, dan pikun. Bahkan bau mulut yang sepintas terlihat tak ada hubungannya pun sebenarnya salah satu penyebabnya adalah kekurangan kalsium.
  1.   Kekurangan kalsium menyebabkan pencernaan tidak maksimal, lambung kotor, mulut bau.
  2.   Kurang vitamin, gigi lemah, keropos, lubang, kotor, busuk / ada makanan busuk, bau.
Dan sedihnya, dari 1000mg/hari, rata rata manusia hanya memenuhi sekitar 250 – 400 mg/hari nya. Ini disebabkan tidak semua kalsium bisa diserap oleh tubuh kita. Sebagian bisa diserap, sebagian dibuang melalui urin, dan sebagian akan mengalami pengapuran dalam tubuh dan terkadang menyebabkan batu ginjal. Bahkan di America yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi susu dan keju, masih banyak sekali yang menderita osteoporosis, apalagi orang Indonesia yang selain kurang hobi susu, malah hobi merokok dan kopi.
Fungsi Kalsium dalam menjaga kesehatan kekuatan tulang, gigi, dan kuku
Fungsi Kalsium dalam menjaga kesehatan kekuatan tulang, gigi, dan kuku

Itulah kenapa tubuh kita membutuhkan supplemen kalsium dengan daya serap yang sangat tinggi agar tidak berbahaya bagi tubuh karena terjadi pengapuran. Terutama pada wanita yang kekurangan cukup banyak kalsium saat mengalami menstruasi atau menyusui.

Ada pun Fungsi Kalsium dalam menjaga kesehatan kekuatan tulang, gigi, dan kuku, berikut salah satu manfaat Kalsium dalam tubuh:

• Untuk tulang
  1. Mencegah serta menyembuhkan osteoforosis dan hiperlasia tulang
  2. Meminimalkan penyusutan tulang selama hamil dan menyusui
  3. Menyembuhkan sindrom menjelang menopause
  4. Efektif untuk mencukupi kebutuhan kalsium yang diperlukan tubuh
  5. Membantu proses penyembuhan patah tulang
• Untuk gigi
  1. Berdaya tahan terhadap pembusukan gigi
  2. Mencegah kerusakan gigi dan membantu pemberian mineral terhadap gigi
  3. Mencegah pendarahan akar gigi (gigi goyang)
• Untuk pinggang
  1. Menyembuhkan rasa sakit pada pinggang
• Untuk otot dan syaraf
  1. Menyembuhkan reumatik dan kram
  2. Mencegah dan menyembuhkan penyakit pada sistem syaraf
  3. Menyembuhkan stress dan insomnia
• Untuk tangan dan kaki
  1. Menyembuhkan pecah-pecah dan kering pada kaki dan tangan
  2. Menghilangkan rasa sakit pada kaki
• Untuk darah
  1. Menormalkan kembali penyakit hipertensi
• Untuk jantung
  1. Mencegah dan membantu penyembuhan penyakit jantung
• Untuk kanker
  1. Menurunkan resiko timbulnya penyakit kanker usus
• Untuk usus
  1. Meningkatkan jumlah kuman bermanfaat dalam usus
• Untuk wasir (ambien)
  1. Menyembuhkan wasir/ambien
• Untuk seks
  1. Memulihkan dan meningkatkan gairah seks yang menurun
• Untuk obesitas
  1. Menormalkan kembali kondisi tubuh yang terkena obesitas
Lain- lain : menyeimbangkan gizi

Pada usia 25 tahun tingkat kerapatan tulang manusia mencapai puncaknya. Setelah itu kerapatan massa tulang perlahan-lahan menurun. Zat mineral mulai terlepas dari tulang. Penyakit keropos tulang disebabkan oleh menurunnya kerapatan massa tulang. Penyakit ini umumnya terjadi pada usia pertengahan atau usia lanjut. Pengidap penyakit ini akan berkurang tinggi badannya dan tulang mudah patah.

Berdasarkan kebiasaan makan-minum manusia dalam hal asupan zat kalsium, maka pembuatan tablet kalsium menggunakan proses bioteknologi untuk mengekstrak zat kalsium dari tulang sapi segar. Kemudian ditambahkan kalsium karbonat dan vitamin D. Selain kandungan kalsiumnya tinggi, juga mudah diserap tubuh, efektif mengartasi kekurangan kalsium dalam tubuh. Dalam komposisinya tablet kalsium biasanya tidak terdapat gula.

Sekian pembahasan mengenai Fungsi Kalsium dalam menjaga kesehatan kekuatan tulang, gigi, dan kuku semoga bermanfaat, artikel diatas hanya sebagai pengetahuan untuk lebih jelasnya kunjungi dokter keluarga sobat untuk mendapatkan penjelasan yang lebih baik.

Baca Juga