Persaingan Asus VivoBook Flip TP200, Acer Aspire R11, Lenovo Yoga 3 Pro

Persaingan Asus VivoBook Flip TP200, Acer Aspire R11, Lenovo Yoga 3 Pro - Persaingan beberapa vendor notebook lipat tetap terjadi di tahun ini, para vendor berlomba-lomba menghasilkan desain terbaru terhadap sejumlah produk dan tidak sedikit vendor yang melakukan inovasi dengan memperkenalkan notebook lipat yang diprediksi menjadi tren di Tahun ini.

Persaingan Asus VivoBook Flip TP200, Acer Aspire R11, Lenovo Yoga 3 Pro

Vendor Asus, dengan produk unggulannya meluncurkan Asus VivoBook Flip TP200 yang menggunakan port USB 3.1 atau USB Type-C yang sudah direduksi hingga 67% lebih kecil dari port USB type A yang biasa terdapat pada komputer atau notebook umum.

Dari sisi kecepatan tentu lebih baik, USB Type-C ini juga mampu mentransfer data hingga kecepatan 10Gbps (1,2GB/detik). Dengan kecepatan yang dimiliki, dalam mentransfer film yang memiliki ukuran 12GB hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 10 detik.
Asus VivoBook Flip TP200
Asus VivoBook Flip TP200

Begitu juga dengan dapur pacu pada Asus VivoBook Flip TP200 telah disisipkan ke dalam VivoBook Flip TP200 dengan memakai prosesor Quad-Core Intel Pentium Braswell N3700 serta didukung oleh RAM bertipe DDR3L sebesar 4GB. Dengan kemampuan itu, pemakai dapat lebih leluasa dalam mengoperasikan berbagai program dalam waktu yang sama.

Kemudian pada baterai, Asus VivoBook Flip TP200 menggunakan baterai tipe Li-Polymer untuk pengoperasian VivoBook Flip TP200 yang diyakini mampu beroperasi hingga 8 jam ketika digunakan.

Asus VivoBook Flip TP200 bukan hanya digunakan sebagai notebook, karena desain pada Asus VivoBook Flip TP200 juga memiliki bentuk lain seperti dapat digunakan sebagai tablet serta dapat diputar 300 derajat.
Asus VivoBook Flip TP200
Asus VivoBook Flip TP200

Dengan kemampuan yang di sematkan pada notebook, Asus VivoBook Flip TP200 juga dapat difungsikan sebagai standing display untuk menampilkan konten multimedia dan sejenisnya.

Pemakaian layar 11,6 inci pada Asus VivoBook Flip TP200 juga sudah dibalut menggunakan metal cover design yang memiliki berfungsi menjadi lebih tahan terhadap goresan sehingga aman untuk dibawa bepergian serta ditempatkan di manapun, ditambah ketebalan notebook ini hanya 18,45 mm serta berat hanya 1,2 kilogram.

Selain itu, VivoBook TP200 juga dilengkapi dengan penyimpanan bertipe SSD dengan kapasitas hingga 128GB. Penggunaan SSD mampu membuat kinerja laptop seperti saat booting, mengakses data serta transfer file meningkat hingga sekitar 50% lebih cepat dibandingkan menggunakan penyimpanan dengan harddisk standar.

Untuk Indonesia, Asus VivoBook Flip TP200 dipasarkan dengan harga Rp6.099.000 dengan dua pilihan warna yaitu Crystal Silver dan Dark Blue. Tidak hanya Asus yang memiliki notebook lipat, sebelumnya Acer juga sempat merilis notebook lipatnya yaitu Acer Aspire R11 yang memiliki spesifikasi kemampuan yang tidak kalah, salah satu kelebihannya layar Acer Aspire R11 mampu diputar hingga 360 derajat dan juga bisa difungsikan sebagai tablet.

Acer Aspire R11 juga menggunakan layar sentuh 11,6 inci beresolusi HD dan layar tersebut masih dilindungi atau dilapisi dengan produk kaca dari Corning, Gorilla Glass.
Acer Aspire R11
Acer Aspire R11. pic:acer.com

Untuk menunjang kemampuan performa Acer Aspire R11 dipersenjatai dengan prosesor Intel Pentium dan Intel HD yang didukung penggunaan RAM hingga 8 GB serta media penyimpanan hingga 1 terabyte.

Tidak jauh berbeda dari sisi baterai, Acer Aspire R11 diklaim mampu bertahan sampai delapan jam penggunaan wajar saat baterai dalam posisi penuh.
Acer Aspire R11
Acer Aspire R11

Salah satu pesaing Asus dan Acer yang bermain di pangsa pasar notebook lipat, Lenovo juga telah memperkenalkan notebook Lenovo Yoga 3 Pro yang memiliki kemampuan lipat hingga 360 derajat serta dapat difungsikan menjadi tablet.
Lenovo Yoga 3 Pro

Lenovo Yoga 3 Pro
Lenovo Yoga 3 Pro

Dapur pacu notebook Lenovo Yoga 3 Pro mempercayakan Intel untuk dibenamkan prosesor Intel Core M-5Y70 2,6 GHz, GPU Intel HD Graphics 5300 yang didukung penggunaan RAM sebesar 8 gigabyte serta memori penyimpanan SSD sampai 256 gigabyte.
Lenovo Yoga 3 Pro
Lenovo Yoga 3 Pro. pic:lenovo

Lenovo Yoga 3 Pro juga telah didukung dengan layar cukup lebar yakni berukuran 13 inci IPS yang menjadi nilai tambah diantara pesaingnya dengan dukungan resolusi QHD 3.200 x 1.800 piksel serta penggunaan baterai pada perangkat ini dipercayakan kepada baterai Li-Polymer 44 Whr yang diyakini mampu bertahan hingga 9 jam.

Persaingan Asus VivoBook Flip TP200, Acer Aspire R11, Lenovo Yoga 3 Pro dengan berbagai keunggulannya tentu membuat kita binggung untuk memilihnya, namun pilihan tetap ada pada Anda!

Baca Juga