Garuda Indonesia, BNI dan Bank Mandiri Luncurkan Co-brand Debit Card

Garuda Indonesia, BNI dan Bank Mandiri Luncurkan Co-brand Debit Card - Garuda Indonesia bersama dengan Bank Negara Indonesia dan Bank Mandiri, pada hari ini, kamis, di Jakarta, meluncurkan “GARUDA-BNI-Mandiri Debit Co-brand Card”. Peluncuran debit co-brand tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) yang dilaksanakan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, dan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman A. Arianto, serta disaksikan langsung oleh Menteri BUMN Rini Soemarno.

Garuda Indonesia, BNI dan Bank Mandiri Luncurkan Co-brand Debit Card

Menteri BUMN Rini Soemarno pada kesempatan tersebut menyambut baik dilaksanakan sinergi BUMN antara Garuda Indonesia, BNI, dan Bank Mandiri. Sinergi BUMN tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat terbaik untuk BUMN dan negara. “Sinergi yang telah dijalin kami harapkan dapat terus dikembangkan sehingga dapat mendukung peningkatan daya saing khsususnya melalui keunggulan produk dan layanan yang dimiliki masing-masing BUMN”, kata Rini.

Sementara itu, dalam sambutannya, Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo, peluncuran Kartu Debit BNI Garuda dan Debit Mandiri Garuda merupakan wujud sinergi BUMN dalam rangka memberikan kenyamanan lebih terhadap para pengguna jasa Garuda Indonesia, Bank Negara Indonesia dan Bank Mandiri untuk menikmati berbagai nilai tambah layanan penerbangan dan perbankan.
Garuda Indonesia, BNI dan Bank Mandiri Luncurkan Co-brand Debit Card
Garuda Indonesia, BNI dan Bank Mandiri Luncurkan Co-brand Debit Card. pic:cdn.sindonews.net

Arif menambahkan, “Hadirnya kartu debit co-brand card ini juga sejalan dengan demand pasar yang tinggi akan produk co-brand card yang memiliki benefit multifungsi. Co-brand card ini kami harapkan akan semakin mempermudah para pengguna jasa untuk mengumpulkan poin miles melalui alat transaksi pembayaran (debit card) dengan berbagai kemudahan dan fasilitas yang ditawarkan”, ungkap Arif.

Direktur Utama Bank Negara Indonesia Achmad Baiquni mengungkapkan, Kartu Debit BNI Garuda memiliki banyak keunggulan. Pertama, Kartu Debit BNI Garuda merupakan kartu debit yang sekaligus memiliki fungsi uang elektronik. Hanya dengan memiliki satu kartu ini, nasabah BNI dan pelanggan Garuda Indonesia selain bisa melakukan berbagai transaksi perbankan di semua fasilitas BNI e-Banking (BNI ATM, BNI SMS Banking, BNI Internet Banking & BNI Mobile Banking) dan belanja di berbagai toko/merchant, nasabah juga bisa menggunakan kartu tersebut untuk membayar tiket berbagai moda transportasi utama saat ini, antara lain kereta Commuter Line Jakarta dan TransJakarta serta transaksi pembayaran belanja.

Kedua, bertransaksi dengan Kartu Debit BNI Garuda akan memberikan manfaat berupa reward/bonus GarudaMiles mulai dari pembukaan rekening, transaksi belanja di berbagai toko/merchant, hingga pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia di semua fasilitas BNI e-Banking dan website Garuda Indonesia. Selain itu juga disediakan cashback senilai Rp 500.000 bagi 20 nasabah dengan transaksi tertinggi setiap bulannya.

Kerja sama penerbitan Kartu Debit BNI Garuda ini merupakan kelanjutan dari kerjasama sebelumnya yaitu Kartu Kredit CoBrand Garuda Indonesia BNI yang membuahkan hasil yang memuaskan bagi kedua perusahaan. Sebagai gambaran, pada kerja sama Kartu Kredit Co-Brand Garuda Indonesia BNI, sales volume pada tahun 2015 tumbuh 63% dibanding tahun 2014. Pertumbuhan signifikan juga tergambarkan pada jumlah Kartu Kredit Co-Brand Garuda Indonesia BNI yang hampir mencapai 25.000 kartu atau tumbuh sebesar 265% pada tahun 2015 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Selain itu, mulai 1 Desember 2015 pemegang Kartu Kredit Co-Brand Garuda Indonesia BNI mendapatkan fasilitas baru berupa special check-in line Garuda Indonesia di terminal 2E dan 2F bandara Soekarno Hatta untuk mendukung kemudahan dan kenyamanan selama perjalanan.

Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman A. Arianto menyampaikan kolaborasi tiga BUMN ini merupakan bentuk dukungan dan inovasi perbankan dalam meningkatkan transaksi pembayaran non tunai di industri pembayaran, khususnya pembelian tiket pesawat, baik melalui mesin EDC maupun transaksi online/e-commerce. Diperkirakan, saat ini transaksi pembelian tiket Garuda masih didominasi pembayaran cash dan melalui travel agent. Sedangkan 20%-30% di antaranya menggunakan Kartu Kredit, sementara kartu debit masih 10%-20%.

Guna meningkatkan jumlah kartu dan transaksi dari kartu co brand ini, Bank Mandiri selain memberikan benefit pengumpulan poin miles akan memberikan bonus fiestapoin atas transaksi di mandiri e-banking dan peningkatan average balance. Nantinya, Mandiri fiestapoin itu dapat ditukarkan dengan hadiah langsung dan penawaran promo dari Bank Mandiri atau dengan Garuda Miles melalui microsite atau fiestapoin apps.

Hadirnya co-brand ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah nasabah baru pengguna kartu Mandiri debit yang saat ini berjumlah 13,3 juta dengan transaksi yang mencapai lebih dari 6 juta transaksi per bulan dan sales volume Rp4,3 Triliun per bulan selama tahun 2015.

“GARUDA-BNI-Mandiri Debit Co-Brand Card” menawarkan berbagai benefit bagi para  penggunanya seperti bonus 1000 poin GarudaMiles ketika melakukan aktivasi kartu, diskon penukaran compliment (award) tiket, potongan harga untuk pembelian tiket Garuda Indonesia non-promo, hingga keleluasan menikmati layanan fastrack GarudaMiles hingga priority check in line di terminal III Ultimate bagi pemegang kartu GarudaMiles Platinum. Dengan jumlah pengguna GarudaMiles yang hingga tahun 2016 ini yang telah mencapai lebih dari 1,5 juta member, hadirnya debit co-brand ini diharapkan juga dapat menarik segmen market baru pengguna jasa maupun member GarudaMiles, khususnya yang berasal dari segmen menengah hingga keatas yang memiliki mobilitas tinggi (travel dan business trip).

Garuda Indonesia Tandatangani Kerjasama Fasilitas Kredit Modal Kerja Bersama 3 Bank BUMN Pada kesempatan yang sama, Garuda Indonesia bersama dengan Bank Mandiri, BNI dan BRI juga melakukan penandatanganan kerjasama fasilitas kredit modal kerja Garuda Indonesia. Penandatanganan kerjasama fasilitas kredit tersebut dilakukan Garuda indonesia dalam rangka memperkuat strategi bisnis perusahaan melalui program ekspansi jaringan penerbangan, pengembangan basis operasional armada, manajemen pembiayaan bahan bakar hingga maintenance armada.

Melalui penandatanganan kerjasama fasilitas kredit modal kerja tersebut, ketiga Bank BUMN tersebut menyepakati pemberian fasilitas kredit modal kerja kepada Garuda Indonesia dengan nilai plafon mencapai Rp 4,7 Triliun yang terdiri dari fasilitas kredit modal kerja senilai Rp 1 triliun dari Bank Mandiri, USD 100 juta dari BNI, dan Rp 2 triliun dan USD 30 juta dari Bank BRI. Adapun masa tenor dari fasilitas kredit modal kerja tersebut adalah selama 1 tahun.

Pemberian fasilitas kredit modal kerja tersebut akan dilakukan dalam bentuk Kredit Modal Kerja Impor (“KMKI”), Penangguhan Jaminan Impor (“PJI”) dalam bentuk Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (“SKBDN”), Letter of Credit (“LC”), Sight/Usance/ Usance Payable at Sight (“UPAS”) hingga Standby Letter of Credit (“SBLC”) Dengan adanya kerjasama fasilitas kredit perbankan oleh mitra Bank BUMN tersebut, Garuda Indonesia senantiasa akan meningkatkan dan memperluas kerjasama di berbagai bidang, khususnya yang terkait dengan pengelolaan keuangan, strategi pemasaran dalam rangka mewujudkan sinergi BUMN yang saling menguntungkan antar sesama BUMN.

Sebagai bagian dari program pengembangan armada yang berkelanjutan, sepanjang tahun 2016 Garuda Indonesia Group akan menerima kedatangan total 16 armada baru yang terdiri dari satu Boeing 777-300ER, empat Airbus A330-300, empat ATR72-600, dan delapan Airbus A320 untuk Citilink. Dengan demikian, hingga akhir 2016 ini Garuda Indonesia Group akan mengoperasikan total 188 armada yang terdiri dari 144 armada Garuda Indonesia dan 44 armada Citilink.

Sementara itu, beberapa waktu yang lalu pada ajang kedirgantaraan internasional “Singapore Airshow”, Garuda Indonesia kembali menerima predikat sebagai “Maskapai Bintang 5” dari SkyTrax. Penghargaan tersebut merupakan kedua kalinya setelah sebelumnya Garuda Indonesia berhasil meraih penghargaan yang sama pada akhir tahun 2014 yang lalu. Pencapaian tersebut merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dan konsitensi Garuda Indonesia atas transformasi yang dilaksanakan dalam mempertahankan kualitas produk dan layanan kepada pengguna jasa.
Informasi Lebih Lanjut :

  • Benny S ButarButar Corporate Communications PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk corpcomm@garuda-indonesia.com 
  • Rohan Hafas Corporate Secretary PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Telp. 021-5245740 Fax 021-5268246 rohan.hafas@bankmandiri.co.id 
  • Suhardi Petrus, Corporate Secretary BNI Telp:021-5728387 Email: bni@bni.co.id 
  • Hari Siaga Amijarso Corporate Secretary BRI Telp. : 021-575-1966 Fax. : 021-570-0916 email : humas@bri.co.id

Baca Juga