Tips Menghilangkan Ngantuk Tanpa Efek Buruk

Tips Menghilangkan Ngantuk Tanpa Efek Buruk - Kopi saat ini masih menjadi primadona pengusir rasa kantuk, sering kali karena lelah bekerja kita mengalami rasa kantuk, sebenarnya kita hanya perlu istirahat sebentar menghilangkan rasa ngantuk. Kafein pada kopi memang dapat secara instant menghilangkan rasa ngantuk, karena kafein dalam kopi memiliki senyawa alkaloid sama dengan nikotin, kina, morfin, kokain, risinin dan striknin, kafein tidak hanya terdapat di kopi namun juga terdapat di dalam teh.

Tips Menghilangkan Ngantuk Tanpa Efek Buruk
Ini ngatuk apa laper. Tips Menghilangkan Ngantuk Tanpa Efek Buruk. pic:redivan-echantrezz.blogspotcom
Senyawa alkaloid ini lah yang memberikan efek stimulasi sentral yang berfungsi menghilangkan rasa lesu dan memberikan rasa nyaman, sekaligus dapat memperkuat daya kerja senyawa paracetamol (N-acetyl-p-aminophenol). Kafein dan paracetamol bersinergi sebagai analgesik (pereda rasa sakit) dan antipiretik (penurun panas). Selain itu, kafein juga merupakan senyawa kimia yang bersifat diuretic (memperlancar buang air kecil) dan banyak digunakan sebagai stimulan (obat yang merangsang aktivitas fungsi organ).

Didalam tubuh senyawa kafein, bekerja memacu hormon adrenalin, yang berpengaruh terhadap peningkatan tekanan darah dan detak jantung, hal inilah yang menyebabkan kita merasa lebih segar, sekresi asam lambung, senyawa gula pada aliran darah dan otot dalam kondisi siap beraktivitas. Karena efek yang ditimbulkan membuat segar, yang kemudian bagi sebagian orang, kopi menjadi minuman pengusir kantuk dan penambah gairah. Dalam kondisi normal, organ hati selalu mengatur kadar gula darah sekitar 0,1 persen. Jika terjadi kelebihan glukosa maka hormon insulin akan merubahnya menjadi glikogen. Sebaliknya jika kekurangan glukosa, hormon adrenalin akan mengubah glikogen menjadi glukosa. Karena berpengaruh terhadap keseimbangan hormon insulin-adrenalin, maka penderita diabetes melitus  perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi kopi.

Namun, di balik itu juga tersembunyi efek buruk, misalnya justru akan memicu gangguan tidur. Berikut ini tips menghilangkan ngantuk tanpa efek buruk.

1. Jalan-jalan atau mengerakan tubuh.

Menurut Prof. Robert Thayer, dari California State University, AS, jalan-jalan selama 10 menit lebih baik ketimbang makan permen untuk meningkatkan energi dan menghilangkan rasa kantuk di kantor.

2. Sejenak terlelap.

Pergunakan jam istirahat kantor untuk merebahkan diri sejenak. "Jangan lebih dari satu jam, cukup 5-25 menit," tulis Dr. Barry Krakow dalam bukunya Sound Sleep, Sound Mind: Seven Keys to Sleeping Through the Night. Jika di kantor tidak ada ruang tidur khusus, jangan menelungkup di atas meja. "Duduk rileks di kursi dengan mata terpejam selama 10 menit saja juga cukup membantu," ujar Dr. Allison T. Siebern dari Stanford University Sleep Medicine Center, AS.

3. Istirahatkan mata.

Secara berkala palingkan mata dari layar komputer selama beberapa menit supaya rileks. Senam mata juga baik, seperti melirik ke kanan dan ke kiri, ke atas dan ke bawah. Tapi kalau untuk pria kayanya tips ini sudah dilakukan, apalagi ada wanita cantik lewat :D

4. Ngemil sehat.

Pilih saja yoghurt dan bebuahan atau sayuran segar.

5. Mengobrol.

Membicarakan hal-hal menarik dengan rekan kerja akan menggugah pikiran, sehingga mata pun terjaga. Tentu saja jangan berlebihan, apalagi sampai bergosip tentang teman sekantor yang lain.

6. Lakukan pernapasan.

Pernapasan dalam akan meningkatkan kadar oksigen darah, memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, memperlancar sirkulasi, menambah performa mental serta energi.

7. Minum banyak air putih.

Dehidrasi membuat tubuh lelah dan mengantuk.

8. Lakukan tugas lain.

Pekerjaan yang monoton bisa membuat Anda mengantuk. Coba tinggalkan dulu tugas yang sedang Anda hadapi dan kerjakan tugas lain yang juga menjadi porsi Anda untuk merangsang pikiran.

9. Olahraga.

Sebuah studi yang pernah dilakukan para peneliti dari University of Georgia terhadap 6.800 orang memperlihatkan bahwa olahraga efektif untuk meningkatkan energi dan mengurangi rasa kantuk di siang hari, bila dibandingkan dengan penggunaan obat-obatan untuk mengatasi gangguan tidur. Olahraga teratur juga akan memperbaiki kualitas tidur. Dianjurkan untuk berolahraga 30 menit sehari, 4-5 kali seminggu.

Sekian artikel mengenai Tips Menghilangkan Ngantuk Tanpa Efek Buruk semoga memberi manfaat bagi sobat.

Baca Juga