Makanan yang Dapat Menjaga Kekebalan Tubuh

Makanan yang Dapat Menjaga Kekebalan Tubuh - Menurunnya kekebalan tubuh, memudahkan bagi bakteri, kuman dan parasit penyakit menyerang tubuh. Selain berolah raga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung komponen pendorong kekebalan tubuh.

Kondisi kesehatan setiap orang sangat tergantung pada pola hidup yang dijalaninya, termasuk pola makan. Tak jarang seseorang dengan pola makan yang buruk menjadi mudah sakit. Dalam makanan yang kita konsumsi selain harus sehat juga diatur agar mempunyai kandungan Vitamin C, Vitamin E, Karoten, Bioflavonoids, Zat besi, Bawang putih, Selenium, Asam lemak Omega 3, karena komponen ini yang mendorong sistem kekebalan tubuh lebih baik, sehingga kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Berikut pembahasan mengenai Makanan yang Dapat Menjaga Kekebalan Tubuh:
Makanan yang Dapat Menjaga Kekebalan Tubuh
Makanan yang Dapat Menjaga Kekebalan Tubuh

Vitamin C

Vitamin C - Seperti yang kita ketahui banyak terdapat pada buah seperti jeruk, kiwi, dan brokoli. Berguna mencegah terserang flu atau pilek, menyehatkan gusi dan menjaga jantung tetap kuat dan sehat.

Vitamin E

Vitamin E - Terdapat pada sayuran bayam, jenis kacang-kacangan, mentega kacang dan salad. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, berguna juga untuk menyehatkan kulit, menyembuhkan luka terbakar dan mengurangi efek kelelahan.

Karoten

Karoten - Terkandung dalam sayuran brokoli, juga pada sayuran bayam, buah tomat, ubi jalar, cabe merah, aprikot, wortel dan anggur. Karoten terdiri dari 3 unsur yaitu lutein, lycopene dan beta karoten. Baik untuk menjaga penglihatan, dapat berfungsi sebagai tabir surya alami dan mencegah kanker. Makanan yang Dapat Menjaga Kekebalan Tubuh.

Bioflavonoids

Bioflavonoids - Biasanya Bioflavonoids banyak terdapat pada sereal yang mengandung zat besi, daging merah, jenis kacang-kacangan, pada sayur-sayuran dan buah. Memiliki fungsi menjaga sistem kekebalan tubuh dengan bentuk yang paling kuat dengan membungkus dirinya disekeliling sel sehingga kuman tidak dapat masuk dan menyerang ke dalamnya.

Zat besi

Zat besi - Terdapat pada biji-bijian, gandum, daging tanpa lemak dan daging merah. Berguna memperbaiki jaringan otot dan mencegah pertumbuhan terlambat.

Bawang putih

Bawang putih - Selain dapat mencegah infeksi, Bawang putih juga dapat memperbanyak sel-sel darah putih dan antibodi tubuh sehingga akan bekerja lebih efisien.

Selenium

Selenium - Terdapat pada ikan tuna,ikan  kakap merah, udang, daging ayam dan dalam kuning telur. Bermanfaat sebagai penambah sel pembunuh alami tubuh yang melawan kuman.

Asam lemak Omega 3

Asam lemak Omega 3 - Mudah dijumpai didalam minyak nabati maupun lemak ikan seperti pada daging ikan salmon dan ikan tuna. Bereaksi sebagai pendorong kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan kuman penyebab infeksi.

Sekian artikel mengenai Makanan yang Dapat Menjaga Kekebalan Tubuh semoga memberi manfaat.

Baca Juga