Kenapa Lagu Kebangsaan Spanyol Tanpa Lirik

Kenapa Lagu Kebangsaan Spanyol Tanpa Lirik - Lagu kebangsaan yakni salah satu factor terpenting bagi tiap-tiap negeri didunia. Bila Jepang di kenal mempunyai lagu kebangsaan paling pendek di dunia & Yunani di kenal juga sebagai pemilik lagu kebangsaan terpanjang didunia, sehingga yangg satu ini tak kalah uniknya yakni Spanyol, nyata-nyatanya lagu kebangsaan milik Spanyol tak mempunyai lirik, unik kan?
Kenapa Lagu Kebangsaan Spanyol Tanpa Lirik
Kenapa Lagu Kebangsaan Spanyol Tanpa Lirik
Penetapan lagu kebangsaan benar-benar jadi perihal sangat teramat rumit di negara matador ini. Ya, Spanyol benar-benar dikenal karena keunikannya dimana lagu kebangsaannya tidak mempunyai kata-kata atau tak mempunyai lirik. Kalau sobat saksikan dibeberapa perhelatan akbar seperti olimpiade, seringkali sobat tidak mendengar alunan lirik dalam lagu kebangsaan Spanyol tetapi cuma berupa lantunan musik saja.

Kenapa Lagu Kebangsaan Spanyol Tanpa Lirik

Seperti yg dilansir evogood[dot]com dari top tour of Spain, sebenarnya lagu kebangsaan Spanyol telah ada sejak dekade 1761. Pertama kali lagu kebangsaan itu diperkenalkan berjudul La Marcha Grananedera, tetapi akibat adanya perubahaan kepemimpinan di negeri matador, Raja Carlos III juga mengubah judul lagu kebangsaan spanyol jadi Marcha Real. Perubahaan inipula diikuti terjadinya perubahaan pada lirik yang biasanya ditentukan sekali oleh sang penguasa saat itu. Belum selesai periode kekuasaan Raja Carlos, perang terjadi di beberapa penjuru Eropa hingga akhirnya Raja Carlos pun dilengserkan dan lagi-lagi lagu kebangsaan Spanyol digubah jadi El Himno de Riego sepanjang dekade awal 1931-1939.

Sesudah 1939, saat Spanyol dipimpin Franco, dimasa ini lagu kebangsaan Spanyol dikembalikan ke masa kepemimpinan Raja Carlos dimana lagu kebangsaan La Marcha Grananedera. Franco berkuasa sampai akhir 1975 dan sesudah dirinya turun tahta, pertentangan kembali terjadi soal lagu kebangsaan dan akhirnya pemerintah berikutnya memutuskan untuk menghapus lirik lagu kebangsaan Spanyol dengan cara resmi menghilangkan lirik pada lagu kebangsaannya pada dekade 1978.

Sebenarnya pada 2007 pemerintah spanyol sempat jalankan kompetisi pemilihan lirik lagu kebangsaan dan saat itu dimenangkan oleh Paulino Cubero (52). Paulino Cubero berasal dari Madrid. Sialnya, lirik lagu Paulino Cubero tersebut tak di terima oleh penduduk & sekian banyak anggota dewan. Protes terus berjalan sampai pemerintah akhirnya menarik lirik tersebut, lirik baru ini cuma bertahan beberapa hari saja. Sesudah kasus tersebut, pemerintah Spanyol kembali memutuskan lagu kebangsaan Spanyol tidak mempunyai lirik.

Unik kan? berarti penduduk negeri Spanyol tak mesti menghafalkan lirik lagu kebangsaannya seperti halnya bangsa-bangsa lain. terima kasih atas kunjungan ke artikel Kenapa Lagu Kebangsaan Spanyol Tanpa Lirik.

Baca Juga