Sejarah Topeng Anonymous dan Fakta Menarik Di Balik Topeng Anonymous

Sejarah Topeng Anonymous dan Fakta Menarik Di Balik Topeng Anonymous - Kini semakin sering kita melihat topeng Guy Fawkes (/ˈɡaɪ ˈfɔːks/; 13 April 1570 – 31 Januari 1606), seorang yang mencoba melakukan penghancuran gedung Parlemen Inggris dengan bom pada dekade 1605, Guy Fawkes kini telah menjadi simbol pemberontakan, wajahnya menjadi salah satu ikon yang paling dikenal di dunia maya setelah wajahnya digunakan sebagai lambang oleh sekelompok hacker internasional yang cukup terkenal "Anonymous".

Sejarah Topeng Anonymous dan Fakta Menarik Di Balik Topeng Anonymous

Tapi apa sebenarnya motivasi dari para hacker dan aktivis yang selalu bersembunyi dibalik topeng Anonymous agar jadi diri mereka tidak terlacak dengan cepat?

Tentu saja tidak ada jawaban yang jelas atas pertanyaan itu, dikarenakan Anonymous bukanlah kelompok yang mudah didefinisikan dengan pengertian tradisional.

Sejarah Topeng Anonymous dan Fakta Menarik Di Balik Topeng Anonymous
Sejarah Topeng Anonymous dan Fakta Menarik Di Balik Topeng Anonymous
Anonymous saat ini dibentuk dari gabungan puluhan atau bahkan ribuan kelompok dari berbagai latar belakang maupun negara dan sering dengan tujuan kelompok yang sama sekali berbeda antar perkumpulan.

Satu-satunya hal yang membuat mereka terlihat bersatu dalam group dikarenakan kebutuhan untuk tetap menjadi 'anonymous'- tanpa nama, dengan memakai topeng seram, dan menggunakan tagline : "We are Anonymous. We are Legion. We do not forgive. We do not forget. Expect us." - Kami adalah Anonymous, Kami adalah Legiun. Kami tidak memaafkan. Kami tidak melupakan. Tunggulah kami.

Di Anonymous tidak ada pusat kendali, yang berarti tidak ada konsensus atau perintah. Mereka tidak punya pemimpin, dan mempersilahkan setiap orang untuk berbicara atas nama seluruh komunitas.

Jadi siapa atau apa sebenarnya Anonymous ini? Berikut fakta menarik atas keberadaan kelompok ini dan mungkin bisa menjawab pertanyaan tersebut. 

Dari mana asal Anonymous?

Kelompok hacktivis paling ternama ini adalah murni produk dari internet, awal terbentuk bermula dari forum 4Chan (2003-2007). Karena forum ini bersifat sangat bebas, para anggota forum menjaga identitas diri mereka dengan sering menggunakan nama akun "Anon".

Kelompok yang tergabung dalam forum tersebut mendapat ketenaran setelah melakukan sejumlah aksi yang aneh dan lucu, termasuk 'serangan' terhadap sebuah permainan anak-anak "Habbo Hotel" dimana sang hacker mengumumkan game dunia virtual tersebut "ditutup karena gagal dan AIDS".

Dengan berkembangnya dunia digital, kemahiran menerobos sistem komputer milik orang yang awalnya hanya untuk aksi aneh dan tujuan bersenang-senang mulai mengarah pada aksi yang lebih serius, dan menggunakan keahlian mereka untuk mendapat uang dengan cepat atau hanya sekedar mempertahankan sikap idealisme kelompok terhadap dunia maya maupun dunia nyata.
 

Apakah Anonymous memiliki agenda politik?

Jawabannya bergantung kepada siapa Anda bertanya, karena setiap anggota Anonymous bebas menganut ideologi mereka masing-masing.

Tak ada pemimpin yang memaksakan perintah dari atas, yang berarti hacktivis sering memiliki kepentingan yang beragam. Namun, kebanyakan Anons bersatu dalam perang melawan penyensoran internet. Karena tidak adanya struktur hirarki di tubuh Anonymous adalah kunci dari sulitnya melacak identitas mereka.

Benarkah Anonymous hanya berisi sekumpulan anak muda?

Tidak. Diperkirakan anggota hacktivis berusia diantara 12 sampai 40 tahun, meskipun data tersebut belum tentu akurat, karena tidak mungkin untuk menentukan dengan pasti demografis penyebaran yang jelas dari anggota Anonymous.
Fakta Menarik Di Balik Topeng Anonymous
Fakta Menarik Di Balik Topeng Anonymous
Selama deklarasi perang Anonymous terhadap ISIS, media sosial sering membuat lelucon kalau ekstrimis ISIS dikacaukan oleh 72 perawan yang dijanjikan dari surga, merujuk pada anggapan banyak netizen bahwa anggota Anonymous hanyalah kumpulan para remaja. Pada kenyataannya, anggota Anonymous kemungkinan besar adalah para pekerja IT yang sudah berkeluarga.

Seberapa kuat Anonymous?

Mereka mampu memberi tamparan keras kepada siapapun, perusahaan-perusahaan besar sudah banyak menjadi korbannya, bahkan sekelas perusahaan sony yang didukung beberapa perusahaan security ternama dapat dibobol.

Yang menjadi kekuatan mereka antara lain mampu mengambil alih atas kendali dan menutup laman situs dari internet serta dengan taktik "doxxing", mereka memiliki kemampuan membobol dan meretas data pribadi korban atau target yang mereka tentukan.

Apa kelebihan dari kemampuan tersebut? di dunia yang mulai kecanduan serba instant dan digital, kemampuan hacking membawa dampak yang sangat signifikan. Mereka telah melakukan banyak kegiatan yang berhasil membuat kalang kabut banyak pihak. Bahkan Anonymous memegang peran penting dalam gerakan Arab Spring yang berhasil membuat perubahan geopolitik besar di negara-negara Arab.

Ketika berperang melawan ISIS, peran paling penting mereka adalah ketika Anonymous berhasil membongkar orang-orang yang melakukan rekrutmen online, yang kemudian memungkinkan polisi untuk menangkap mereka, bahkan berhasil mengetahui posisi jaringan hacker mereka.

Terkadang, pengikut Anonymous membuat group di dunia nyata. "Million Mask March" adalah salah satunya, dimana para pengikut Anonymous di penjuru belahan bumi ini melakukan gerakan demonstrasi massal dengan memakai topeng si anarkis, Guy Fawkes.


Satu hal yang perlu diingat penggunaan internet saat ini hanyalah bagian atas dari sebuah samudera yang dalam, bagian bawah samudera dikenal dengan deep web dimana jaringan anonymous tidak pernah dapat terungkap dimana www.com,  www.net dsb tidak pernah dikenal, ingin mencoba menyelam ke dalam samudera, coba lah download Tor Browser.

Baca Juga