Sejarah Orang Dibalik Logo NBA, Jerry Alan West - Mr. Clutch

Pasti sobat tau kan logo NBA seperti apa dan bentuknya? Siapa yang tidak mengenal logo NBA dengan siluet putih berlatar warna merah dan biru. Ternyata bukan hanya sekedar logo dengan siluet putih, namun memiliki sejarah sendiri dan siapa orang yang digunakan dalam logo NBA?, model dari siluet putih itu. Siapakah orangnya?

Itu dia orangnya. Beliau adalah Jerry Alan West yang lahir 77 tahun yang lalu tepatnya pada 28 May 1938. Pria dengan tinggi 1,93 m bermain hampir di seluruh liga profesionalnya bersama tim basket Los Angeles Lakers. Masa kecilnya dikenal dengan sebutan Mr. Clutch. Dia diberi nama itu karena kemampuannya membuat drama dalam situasi mencekam, seperti halnya bel terkenalnya-mengalahkan 60-foot shot yang terpaud 3 game dari final NBA tahun 1970 melawan New York Knicks.
Sejarah Orang Dibalik Logo NBA, Jerry Alan West - Mr. Clutch

Pembuatan Logo mengacu kepada foto Jerry Alan West yang dibuat siluet menjadi logo NBA saat ini. Mr. Outside mengacu kepada perimeter bermainnya dengan LA Lakers. Selain julukan diatas, ada lagi julukan lainnya yaitu Zeke from Cabin Creek. Julukan itu bukan tanpa dasar. Dia diberi julukan itu karena sering dalam pertandingan beliau mengalami cidera dan harus ditandu keluar lapangan. Mungkin karena kehebatan dia sebagai seorang Point Guard.
Jerry Alan West

Karir NBA Jerry Alan West memuncaki kariernya saat bermain sebagai Point Guard profesional, dia pernah terpilih 12 kali dalam All-NBA Pertama dan Tim Kedua, pernah terpilih 14 kali kedalam NBA All-Star, dan pernah terpilih sebagai All-Star MVP pada tahun 1972, di tahun yang sama dia memenangkan satu-satunya gelar dalam karirnya. West memegang rekor NBA untuk mencetak point terbanyak per game di seri playoff dengan rata-rata 46,3. Dia juga salah satu dari 5 anggota Tim NBA All-Defensive.

Setelah beliau pensiun, Jerry Alan West menjadi kepala pelatih LA Lakers untuk 3 tahun.

Baca Juga