Terraforming ala Jepang Merubah Gurun Afghanistan menjadi Hutan Baru

Jepang dan Afghanistan. Dua negara yang ternyata punya hubungan yang sangat baik. Nggak kebayang kan?
Terraforming ala Jepang Merubah Gurun Afghanistan menjadi Hutan Baru
Yup. Dua negara ini ternyata sangat akur. Kedutaan besar Jepang di Afghanistan sudah banyak membantu negara tersebut melalui banyak agenda, mulai dari keamanan anti terorisme, hingga investasi dalam dunia pendidikan dan mendanai rumah sakit. Kalau mau tahu lebih lengkap detil pekerjaan mereka, kamu bisa cek di Website Berikut ini nih ada beberapa contohnya.
  •     Keamanan
  •     Pembersihan ranjau
  •     Pelatihan teknis
  •     Bantuan infrastruktur
  •     Transportasi makanan
  •     Kesehatan
  •     Membangun sekolah
  •     Bantuan kemanusiaan dan teknis
  •     Pelestarian budaya
Dan ada satu lagi nih yang dilakukan kedutaan besar Jepang, dan ternyata menjadi yang paling unik dan fenomenal: membantu mengubah lanskap negara Afghanistan yang penuh padang pasir gersang menjadi sebuah oasis yang indah.

Hasilnya pun mencengangkan! Kalo nggak percaya, liat sendiri deh perbedaannya hanya dalam waktu beberapa tahun.

Mereka melakukan Terraforming lho, yaitu mengubah temperatur dan topografi permukaan ekologi suatu daerah.

Sekilas penjelasan dari Wikipedia apa itu Terraforming
Terraform (berarti "membentuk Bumi") planet, bulan, atau struktur lainnya, adalah proses bersifat hipotesis yang mengubah atmosfer, temperatur, topografi permukaan atau ekologi menjadi mirip dengan Bumi sehingga dapat dihuni oleh manusia.


Bersama-sama dengan penduduk lokal, Kedutaan Besar Jepang telah bekerja selama bertahun-tahun, menanam pohon, melakukan irigasi, dan mengubah daerah yang dulunya padang pasri menjadi daerah yang subur.

Butuh waktu 9 tahun, tapi sekarang padang pasir ini menjadi lahan subur yang bisa digunakan.
[Image]
Sekarang ini, Slampur dapat menghasilkan produk pertanian yang meningkat tiap tahun, seperti padi, buah, dll. Di tempat ini juga tertanam 800.000 pohon, dan rencananya akan ditambah mencapai 1.000.000! Para penduduk pun mulai kembali berdatangan ke tempat ini, yang dulunya hanya 30.00 jiwa (2003), sekarang bertambah menjadi 150.000 jiwa, dan bekerja sebagai petani. Dan satu lagi yang cukup mengejutkan, tingkat moral penduduk di tempat ini pun meningkat! Nggak ada perkelahian, nggak ada teroris, nggak ada perampokan!

Sedangkan perubahan ini, butuh waktu 7 tahun.
[Image]

Dan hanya butuh waktu 5 tahun dan padang pasir ini pun nggak akan bisa dikenali lagi karena sudah menjadi sebuah daerah yang subur.
[Image]

Baca Juga