Fungsi dan Manfaat Denah Rumah

Denah rumah tidak boleh dilupakan dalam membangun rumah, merenovasi atau memperbaiki. Denah rumah diperlukan agar kerja pembangunan atau renovasi bisa berjalan efisien. Dengan begitu ongkos atau biaya bisa ditekan seminimal mungkin. Lantas bagaimana jika kita tidak memiliki denah rumah?

Bagi anda yang sudah memiliki rumah namun belum memiliki Denah Rumah, tidak ada salahnya untuk membuatnya. Kita bisa memulai dengan menentukan letak ruang tamu, kamar tidur, dapur dan ruangan ruangan lain di dalam rumah. Dengan begitu, bisa memiliki gambaran tentang rumah kita sendiri secara lebih menyeluruh ketika melakukan renovasi, penambahan atau pengaturan ulang. Misalnya akan melakukan perbaikan, tinggal tunjukkan denah rumah kepada arsitek dan mengutarakan bagian mana saja yang ingin kita perbaiki.



Misalnya kita ingin melakukan tambahan installasi listrik, dengan denah rumah dan jalur-jalur kabel di dalam rumah, proses penambahan atau perawatan installasi listrik dapat lebih teratur dan komperehensif. Artinya, proses penambahan installasi listrik berguna bagi sekarang dan juga bisa berguna bagi penambahan-penambahan lainnya di dalam rumah.

Denah rumah bisa membantu kita dalam mengambil keputusan yang sifatnya darurat. Misalnya seseorang yang telah menguasai denah rumahnya sendiri, dalam kondisi kebakaran bisa lebih mudah menyelamatkan diri, atau bahkan menyelamatkan aset-aset penting lain yang dimilikinya.

Baca Juga